Nama Penulis : Muhammad Faisal Rahman, Siti Nurrani, Eko Prasetyo, Rifdah Fitri Rahmawati, Ayu Okta Wulandari, Lena Mariyana, Nisfi Hami Saefudin, Shofna Arifatul Maula, Lulu Jamilah, Nanda Mirza Putri

Judul Buku : Rentang Kisah Desa Kebasen

Edisi : 1

Cetakan : Pertama

Kota Terbit : Banyumas

Penerbit dan Tahun Terbit : Yayasan Masyarakat Indonesia Sehat, 2023

SINOPSIS
Kebasen adalah tentang sebuah desa yang aktif, disiplin, dan kompak. Masyarakatnyamenjalin hubungan yang ramah tamah dan saling mendukung satu sama lain. Desa ini jugadikenal memiliki banyak usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang beragam, seperti penghasil kecap, sriping, dan tempe. 
Desa Kebasen tidak hanya fokus pada aspek ekonomi, tetapi juga sangat memperhatikanmasalah kesehatan masyarakatnya. Salah satu masalah kesehatan yang menjadi perhatianutama adalah stunting, yaitu kondisi di mana anak mengalami pertumbuhan fisikdanperkembangan otak yang terhambat. Desa ini menyadari betapa pentingnya kesehatan generasi penerus, sehingga masyarakatnya sepakat untuk bergerak bersama dalammenangani masalahstunting ini. 
Dalam menjalankan upaya penanggulangan stunting, Desa Kebasen melakukan berbagai inisiatif yang melibatkan seluruh masyarakatnya. Mereka mengadakan sosialisasi danedukasi mengenai pentingnya gizi seimbang dan makanan bergizi kepada ibu hamil dan orang tuabalita. Selain itu, desa ini juga mengadakan posyandu dan layanan kesehatan terpadu agar ibuhamil dan balita dapat memperoleh pemeriksaan kesehatan secara rutin. 
Dalam perjalanan kisah, masyarakat Desa Kebasen berjuang bersama-samauntukmengatasi masalah stunting ini. Mereka menggalang dana dan bekerja sama denganpihakterkait, seperti lembaga kesehatan dan pemerintah, untuk mendapatkan bantuan dalambentukprogram penanggulangan stunting. Dalam proses ini, mereka juga menguatkan solidaritasdankekompakan masyarakat, memperkuat persaudaraan, serta semakin mempererat hubunganantara warga desa. 
Melalui perjuangan dan kerja keras masyarakat Desa Kebasen, terlihat adanya hasil yangpositif. Angka stunting di desa ini berhasil menurun secara signifikan, dan kehidupanmasyarakat menjadi lebih baik. Kisah Desa Kebasen mengajarkan tentang rasa gotongroyong, kepedulian terhadap kesehatan, dan pentingnya sinergi antara pemerintah, masyarakat, danberbagai pihak terkait dalam mengatasi masalah kesehatan masyarakat.

Untuk membeli buku ini, silahkan klik tombol berikut:

Visits:44
Today: 1
Total: 39349

Leave a Comment