Sekolah Sehat Digital Berkarakter Pancasila adalah sebuah inisiatif sosial pendidikan kesehatan yang dirintis sejak tahun 2007 dan secara de jure mulai tahun 2015 dengan didirikanya Yayasan Masyarakat Indonesia Sehat, SK MENKUMHAM RI: NOMOR AHU-0005751.AH.01.04 Tahun 2015. Gerakan ini memiliki ide besar yaitu menggabungkan pendidikan dengan usaha pembentukan masyarakat Indonesia Sehat yang berkarakter Pancasila dengan memanfaatkan media teknologi secara efektif dan efisien. Pembentukan masyarakat sehat berkarakter Pancasila ini tentunya harus di awali sedini mungkin dan hal yang paling tepat adalah melalui dunia pendidikan. Optimalisasi usaha promotif dan preventif menuju generasi masyarakat yang sehat berkarakter Pancasila sudah semestinya melekat dalam dunia pendidikan dan harus kita dukung semaksimal mungkin program pemerintah tersebut. Masyarakat sehat berkarakter Pancasila yaitu masyarakat yang sehat jasmani, rohani, sosial dan ekonomi. Hal ini tentunya diwujudkan dengan pembentukan karakter saat masih usia dini, karakter yang religious, suka membaca, suka menulis, suka berkarya, cinta kebersihan dan lingkungan, sikap jujur, sikap peduli, cinta tanah air Indonesia dan sikap yang inovatif dan kreatif dalam mengahadapi perkembangan jaman.

Ide tersebutlah yang kami usahakan untuk mengembangkan menjadi sebuah pendekatan dasar yaitu usaha promotif dan preventif sehat berkarakter Pancasila terhadap siswa sekolah dasar, guru, kepala sekolah dan orang tua siswa dengan memanfaatkan teknologi dan media yang berkembang. Didukung dengan Sumber Daya Manusia yang kompeten di bidangnya dengan melibatkan relawan, baik dokter, dokter gigi, apoteker, bidan, perawat, tenaga kesehatan lainnya, dosen, polisi, TNI, mahasiswa, dan lintas sektoral yang saling mendukung satu sama lain.

Kami telah mengembangkan program tersebut bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Pada tahun 2021 ini, kami bermaksud mempersiapkan suatu bentuk sekolah sehat yang bercirikan digitalisasi yang berkarakter Pancasila. Dengan menjadikan 20 sekolah menjadi sasaran program, akan tetapi kami kembangkan dengan system digitalisasi dan teknologi sehingga dapat bermanfaat juga dan diaplikasikan oleh sekolah dasar di seluruh Indonesia.

Program yang telah terlaksana pada tahun 2021 mulai dari Bulan September s.d Bulan Desember 2021 bertempat di Kabupaten Banyumas adalah seminar dan sosialiasi pembukaan program “Sekolah Sehat Digital Berkarakter Pancasila” secara daring melalui zoom meeting, pendidikan dan pelatihan literasi secara daring, pendidikan dan pelatihan pembuatan apotek herbal sekolah secara daring, pembuatan website Learning Management System yang terdiri dari pretest, pembelajaran modul text, video, dan posttest yang dijadikan sebagai portal pendidikan dan pelatihan untuk guru, dan pembuatan perpustakaan digital untuk 20 sekolah sasaran. Salah satu hasil dari program ini, berupa 20 buku ber-ISBN karya kepala sekolah dan guru sasaran, modul dan video pelatihan, dan komik karya siswa sekolah dasar sasaran program organisasi penggerak.

Klik link https://sekolahsehat.id/ untuk masuk LMS Sekolah Sehat Digital Berkarakter Pancasila.