Nama Penulis : Syifaun Nada, M. H., Rinita Robiatul Adawiyah, Nadaa Salsabilah, Anindya Lutfi Latifah, Mahandryan, Pramesti, Muhammad Nurman Bahtiar, Amelia Dwi Eryanti, Ika Noviyanti, Muniati Salamah, Alfin Rizky Muzaki, Salsabilla Artha Fahlevi

Judul Buku : Catatan Pengabdian

Edisi : 1

Cetakan : Pertama

Kota Terbit : Banyumas

Penerbit dan Tahun Terbit : Yayasan Masyarakat Indonesia Sehat, 2023

SINOPSIS
Kuliah Kerja Nyata merupakan kegiatan yang begitu membantu mahasiswa dalam mengembangkan memperluas pemikiran untuk belajar memahami gaya hidup sosial ditengah – tengah masyarakat sekitar, seperti  menyatukan sebuah pemikiran, bekerja sama, dan bergotong-royong dalam membangun sebuah lingkungan yang nyaman dan harmonis. Selain itu banyak tantangan masalah yang dialami oleh mahasiswa dalam memberikan bekas yang berkenang di hati masyarakat, namun tantangan tersebut diselesaikan bersama – sama sehingga semua itu tidak terasa berat di hati dan dilalui dengan canda, tawa, dan bahagia yang mengiringi perjuangan selama satu bulan lebih di Kelurahan Plarangan.
Pada tanggal 17 Juli 2023 adalah awal penugasan dari Universitas Islam Negeri Prof. K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto kelompok 91, angkatan ke 52. Lokasi KKN dari Purwokerto ke Kebumen memerlukan waktu sekita 2 jam untuk sampai di lokasi kuliah kerja nyata (KKN) yang bertempat di Kelurahan Plarangan,  Kecamatan Karanganyar. Kami bertemu dengan tim yang belum pernah Kami kenali yang terdiri 10 0rang, 8 perempuan dan 2 laki – laki, namun semua itu menjadi suatu tantangan untuk mengenal karakter dan menumbuhkan kerja sama dalam bersosialisasi di tengah – tengah masyarakat untuk mengaplikasikan ilmu yang telah didapat di dalam kampus dan disebarluaskan ke pada masyarakat dengan harapan dapat memajukan Kelurahan Plarangan  kedepannya.
Sebagian besar profesi masyarakat Kelurahan Plarangan adalah petani dan berkebun, Berangkat berkerja di pagi hari dan pulang di sore hari, hasil dari berkebun dan bertani bisanya digunakan untuk kebutuhan sehari – hari dan adapun sebagian yang dijual ke pasar untuk mendapatkan modal untuk keberlangsungan hidup di Kelurahan Plarangan.Kamipun merasakan kedekatan dan keramahan masyarkat Kelurahan Plarangan yang begitu kuat terjalin baik, sehingga memotivasi kami untuk mengambil pelajaran hidup bermasyarakat agar saling menghargai, tolong – menolong dan perduli terhadap sesama seperti menganggap  semuanya adalah keluarga. 
Satu bulan KKN di Kelurahan Plarangan sangatlah singkat dan bermakna, disana kami bertemu dengan orang – orang baik, berpengalaman dalam kehidupan , sampai kami diperlakukan dan perhatikan layaknya anak sendiri. Tidak jarang kami dinasehati oleh masyarakat Kelurahan Plarangan untuk biasa menjadi orang yang sukses dan bermanfaat bagi orang banyak karena sebuah hadist mengatakan “Sebaik – baik orang adalah orang yang bermanfaat bagi orang lain”, mungkin kata – kata tersebut akan selalu terkenang dalam hati. Tidak heran kenangan selama KKN di Kelurahan Plarangan sangat melekat diingatan dan tidak akan pernah terlupakan dalam hidup ini.

Untuk membeli buku ini, silahkan klik tombol berikut:

Visits:53
Today: 2
Total: 39427

Leave a Comment