Nama Penulis : Agung Prayugo Pangestu, Tita Nurul Fitriana, Sofiatun Munawaroh, Fitria Ardita, M Syarif Hidayatullah, Syifa Afiah, Salma Nur Ariffa, Mey Merlian Safitri, Kuni Qurrota Ayun, Cintia Nur Aisah

Judul Buku : Rumah Kedua Rumah Kita Semua

Edisi : 1

Cetakan : Pertama

Kota Terbit : Banyumas

Penerbit dan Tahun Terbit : Yayasan Masyarakat Indonesia Sehat, 2023

SINOPSIS
Buku bunga rampai ini merupakan buku dari kegiatan KKN yang di lakukan selama kurang lebih 40 hari oleh mahasiswa UIN SAIZU. KKN ini merupakan KKN jenis Reguler . Angkatan KKN ini yaitu angkatan 52 dan merupakan kelompok 20. KKN di adakan di desa Mandirancan Kec. Kebasen Kab. Banyumas.
Di desa Mandirancan ini banyak sekali hal yang menarik mulai dari sejarah dan kebudayaan masyarakatnya, UMKM, keagamaan, pendidikan, potensi desa, dll. Desa Mandirancan ini masih sangat kuat sifat gotong royong dari masyarkatnya. Setiap diadakannya kegiatan ditingkat RT sampai dengan Desa semua masyarakat bergotong royong baik secara pikiran, kekuatan ataupun keuangan. Terjadi rasa saling peduli untuk mencapai tujuan bersama yaitu memajukan Desa Mandirancan.
Masyarakat desa ini senang sekali menjaga kesehatanya. untuk contohnya saja masyarakat desa Mandirancan rutin mengadakan posyandu, Pembrantasan Sarang Nyamuk (PSN), senam dan juga warganya suka sekali dengan kegiatan olahraga. Seperti volly, tenis meja, sepak bola, dan kegiatan olah raga lainya. Untuk keagamaan desa ini sangat bagus karena di desa Mandirancan banyak sekali TPQ dan TPQ tersebut aktif sampai sekarang. Banyak orang tua yang memasukan anak mereka ke TPQ. Selain memasukan anak mereka para orang tua juga rutin melakukan pengajian, khususnya pengajian rutinan malam Jum’at dan juga tadarus al-quran dari anak-anak sampai lansia. Untuk potensi desa, desa Mandirancan ini masih memiliki sawah dan perkebunan yang luas. Selain itu SDM khususnya ibu-ibu yang mempunyai semangat dan kreativitas menjadi potensi yang luar biasa.
Masyarakat desa Mandirancan menyambut kedatangan mahasiswa KKN dengan sangat hangat. Ini yang mengakibatkan KKN di desa Mandirancan sangatlah berkesan dan tak terlupakan. banyaknya hal menarik yang kami temui selama KKN. Dengan adanya buku ini diharapkan dapat membuat pembaca mengenal tentang desa Mandirancan dan juga dapat memajukan desa ini.

Untuk membeli buku ini, silahkan klik tombol berikut:

Visits:27
Today: 1
Total: 24534

Leave a Comment