Nama Penulis : Muhammad Fauzan Muttaqin, M.Pd., Abdul Haris, Anisatul Fitria, Kaulan Azizah, Innaka Zaki, Dede Kezia, Camila Aulia Azahra, Shira Avrillia Pawesti B, Nabila Tsuraya, Fadli Dzil Ikram, Kiki Fitria Rizki, Reva Rodianah Ryzoem

Judul Buku : PEMBELAJARAN PKN BERBASIS KARAKTER PELAJAR PANCASILA UNTUK SD/MI

Edisi : 1

Cetakan : Pertama

Kota Terbit : Banyumas

Penerbit dan Tahun Terbit : Yayasan Masyarakat Indonesia Sehat, 2024

SINOPSIS
Teks Buku ini mengupas secara komprehensif langkah awal penanaman karakter Pancasila melalui pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN). Dalam Bab I, pembaca diperkenalkan dengan konsep dasar nilai-nilai Pancasila dan strategi penanaman sikap kewarganegaraan. Model pembelajaran berbasis nilai dan integrasi Pancasila dalam mata pelajaran lain juga menjadi fokus dalam bab ini.
Bab II membahas perkembangan kurikulum PKN untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) dari sejarahnya hingga implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Urgensi Pancasila dalam pembelajaran PKN SD/MI turut dianalisis sebagai landasan untuk pengembangan kurikulum. Ruang lingkup pembelajaran PKN ditelusuri dalam Bab III, yang mencakup aspek keberagaman, kerjasama, berpikir kritis, dan kreativitas. Bab ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang nilai-nilai yang harus ditanamkan dalam proses pembelajaran PKN.
Bab IV dan V menggambarkan model pembelajaran PKN, termasuk model tematik dan langkah-langkahnya, serta konsep penilaian pembelajaran PKN di SD/MI. Bab V membahas berbagai metode penilaian, termasuk penilaian tertulis, serta menganalisis penerapannya dalam pembelajaran PKN. Integrasi pelajar Pancasila dalam pembelajaran PKN menjadi perhatian utama dalam Bab VI. Capaian pembelajaran dari Kurikulum Merdeka, pengetahuan konten pedagogis, dan bahan ajar menjadi fokus diskusi, memberikan gambaran tentang upaya mengintegrasikan Pancasila dalam kurikulum PKN.
Bab terakhir, Bab VII, membahas literasi dan inovasi dalam pembelajaran PKN di SD/MI. Bentuk literasi dan inovasi, serta profesionalisme guru, menjadi bagian integral dalam memahami peran PKN dalam pengembangan karakter siswa.
Secara keseluruhan, Buku ini menjadi panduan lengkap bagi para pendidik dan pembaca yang tertarik menggali lebih dalam tentang pembelajaran PKN di SD/MI dan upaya pengembangan karakter Pancasila melalui proses pendidikan.

Untuk membeli buku ini, silahkan klik tombol berikut:

Visits:357
Today: 1
Total: 24606

Leave a Comment