Judul Buku : Literasi Pembelajaran PKN Kurikulum Merdeka untuk SD/MI
Edisi : Pertama
Nama Penulis :
Muhammad Fauzan Muttaqin, M.Pd., Asma’Ashila Yumna, Fitri Nurhayati, Bayu Haerdeka Darmawan, Rizka Khaulah AsySyafa, Bella Astridarani, Sultoni Alparij, Anisah Jayanti, Siti Jamilah, Abdul Haris Arman, Firli Ramadan, Nurul Fitria, Muhamad Akbar Maulana, Ikbal Suhanda, Rizka Khairunnisa, Adnan Bafaqih, Khoirunnisa, Siska Damayanti, Isnaini Anam, Muhamad Rizal.
QRCBN : 62-2566-2138-238
Tebal Buku : vi + 173 Halaman
Ukuran : 15,5 cm x 23 cm
Cetakan : Pertama
Kota Terbit : Banyumas
Penerbit dan Tahun Terbit : Yayasan Masyarakat Indonesia Sehat, 2024
Sinopsis:
Buku ini mengawali pembahasannya dengan Bab I yang mengangkat tema “Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) SD/MI dalam Kurikulum Merdeka”. Pembaca akan diajak untuk memahami bagaimana pembentukan identitas kewarganegaraan terjadi, pengenalan nilai-nilai Pancasila, pemahaman tentang demokrasi, serta pemahaman hak dan kewajiban warga negara. Bab ini juga membahas pemberdayaan siswa, pengembangan sikap toleransi, dan persiapan menuju pendidikan lanjutan. Dengan ringkasan pada akhir bab, pembaca akan mendapatkan gambaran menyeluruh tentang pentingnya PKN di SD/MI dalam konteks Kurikulum Merdeka.
Beralih ke Bab II, pembaca akan diperkenalkan pada “Perkembangan Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan”. Bab ini membahas sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia, urgensi Pancasila dalam pembelajaran PKN di SD/MI, dan fungsi pendidikan kewarganegaraan. Bab III kemudian membahas “Ruang Lingkup Pembelajaran PKN”, melibatkan pengertian pembelajaran PKN MI, tujuan pembelajaran PKN, serta unsur-unsur PCK dalam PKN. Pembaca juga akan diperkenalkan pada strategi pembelajaran berbasis PCK, penilaian berbasis PCK, dan pengembangan keterampilan pedagogis guru PKN.
Bab IV dan Bab V menyajikan model pembelajaran PKN, masing-masing “Model Pembelajaran PKN 1” dan “Model Pembelajaran PKN 2”. Pembaca akan diperkenalkan pada pengertian pembelajaran tematik, tujuan, prinsip-prinsip, karakteristik, dan langkah-langkah model pembelajaran PKN. Bab V membahas konsep dan prinsip penilaian pembelajaran PKN, jenis media pembelajaran, model, dan metode penilaian pembelajaran PKN, serta analisis penerapan penilaian pembelajaran PKN. Bab VI mengeksplorasi “Integrasi Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran PKN SD/MI” dengan sub-bab yang membahas beriman, bertakwa, berkebhinekaan global, bergotong royong, mandiri, dan kreatif dalam pembelajaran PKN. Terakhir, Bab VII membahas “Literasi dan Pembaharuan/Inovasi dalam Pembelajaran PKN SD/MI” dengan sub-bab pengantar, pembaharuan/inovasi dalam pembelajaran PKN, dan profesionalisme guru dalam pembelajaran PKN SD/MI. Buku ini menjadi panduan komprehensif bagi pembaca yang ingin memahami dan mengimplementasikan PKN dalam konteks kurikulum Merdeka di tingkat SD/MI.
Untuk membeli buku ini, silahkan klik tombol berikut: