Nama Penulis : Mohamad Kholidin, Nanda Restiana, Suci Wulandari, Ilma Amanatul Fajri, Taniya, Nurfiyatun, Anifah, Rendra Rahayu, Anisa Dwi Lestari, Iesti Rosita Amalia

Judul Buku : Harmoni Desa Srowot

Edisi : 1

Cetakan : Pertama

Kota Terbit : Banyumas

Penerbit dan Tahun Terbit : Yayasan Masyarakat Indonesia Sehat, 2023

SINOPSIS
Buku “Harmoni Desa Srowot” untuk menjelajahi pesona dan potensi desa yang terletak di perbatasan Sungai Serayu. Di tengah gejolak modernisasi, Desa Srowot berhasil mempertahankan warisan budayanya dengan langkah-langkah inovatif untuk meningkatkan kualitas hidup penduduknya. 
Dimulai dari pemanfaatan limbah kambing sebagai pupuk organik yang telah menjadi andalan masyarakat Desa Srowot. Buku ini mengungkapkan bagaimana praktik-praktik pertanian yang berkelanjutan dan ramah lingkungan telah muncul dari upaya pemanfaatan limbah ini yang bekerjasama dengan petani di Desa Srowot.
Desa Srowot juga dikenal dengan tradisi keagamaan yang kuat, melalui kegiatan ruwatan dan grebeg suran yang memikat hati setiap masyarakat. Pembaca akan dibawa dalam perjalanan menelusuri kekayaan budaya dan keagamaan di desa ini, menggali makna dibalik setiap upacara dan ritual yang diwariskan dari generasi ke generasi.
Namun, buku ini tidak hanya berfokus pada aspek budaya dan pertanian. Desa Srowot juga telah menemukan cara untuk meningkatkan perekonomian lokal. Potensi lokal yang terkandung dalam tanaman singkong dieksplorasi Dan dikembangkan melalui usaha kecil menengah atau UMKM manggleng singkong. Buku ini membahas bagaimana  melalui pelatihan dan pengolahan singkong menjadi produk makanan beku (Frozen Food), Desa Srowot berhasil menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan penduduknya.
Selain itu, buku ini juga mengungkapkan aspek seni dan kebudayaan yang kaya di Desa Srowot. Pagelaran seni nabuh gamelan, pelatihan seni karawitan gending dan tradisi ratiban menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat desa ini. Pembaca akan merasakan nilai lebih dari seni tradisional yang mengalir dalam darah masyarakat Desa Srowot.
“Harmoni Desa Srowot” adalah cerita tentang bagaimana sebuah desa dapat menjaga tradisi, menggali potensi lokal dan berkembang secara berkelanjutan di tengah arus modernisasi. Buku ini memperlihatkan kepada kita semua bahwa dengan tekad dan kreativitas, kita dapat mencapai harmoni antara budaya, lingkungan dan ekonomi.

Untuk membeli buku ini, silahkan klik tombol berikut:

Visits:32
Today: 2
Total: 24613

Leave a Comment