Nama Penulis : Muhamad Pauzan, Nur Rahmah Wulandari, Ayu Faradita, Zakiyatus Sofi Aprillia, Imanudin Zaki Nawawi, Luthfiyatul Maulida, Tsalsabilla Zein Mufidah, Agis Kafiyatul Azqia, Yusry Amrina Rahmawati, Isnaeni Hayati

Judul Buku : Pengalaman dari Pesisir Tol Pemalang

Edisi : 1

Cetakan : Pertama

Kota Terbit : Banyumas

Penerbit dan Tahun Terbit : Yayasan Masyarakat Indonesia Sehat, 2023

SINOPSIS
Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan suatu kegiatan pengabdian mahasiswa  kepada masyarakat dengan pendekatan lintas keilmuan sebagai bagian dari Tri  Dharma Perguruan tinggi disamping pendidikan dan penelitian. KKN di lakukan  dengan didasari tujuan agar mahasiswa yang notabenenya sebagai penerus  pembangunan, dapat menghadapi dan memecahkan masalah-masalah yang ada di  lingkungan masyarakat.  
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) secara organisatoris  adalah sebuah lembaga yang berfungsi sebagai wadah civitas akademika dalam  menyalurkan pemikiran, penelitian dan karya ilmiah yang dapat digunakan untuk  menunjang kegiatan akademika dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat.  Oleh karena itu LPPM UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto dapat  memainkan peran utamanya melalui pengabdian dan pemberdayaan masyarakat.  
Meningkatkan peran serta mahasiswa dalam masyarakat adalah sebagai  konsekuensi logis dari kemampuan mahasiswa dalam melihat peluang dan potensi  masyarakat. Dengan mahasiswa mampu melihat peluang dan potensi masyarakat  maka hal tersebut dapat maksimal dalam melakukan pemberdayaan,  pendampingan, edukasi, dan hal-hal lain yang dapat dikembangkan di  masyarakatnya masing-masing. Pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan  dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa, memberikan pembelajaran agar  mahasiswa dapat berinteraksi langsung dengan masyarakat, serta berperan guna  mengembangkan potensi-potensi dan mengetahui kelebihan maupun kekurangan  masyarakat setempat. Selain itu, kegiatan pengbdian masyarakat ini juga dapat  bermanfaat bagi masyarakat desa, yaitu masyarakat dapat memperoleh kesadaran  dan kemampuan dalam memberdayakan potensi yang dimiliki, serta  menumbuhkan potensi masyarakat, sehingga mampu berpartisipasi aktif dalam  membangun desa. 
Oleh karena itu, kegiatan pengabdian masyarakat ini dianggap perlu dan  penting untuk dilaksanakan oleh mahasiswa. Karena pada hakikatnya, melakukan  pengabdian kepada masyarakat itu salah satu kegiatan yang paling bermanfaat bagi  manusia yang lainnya. Sehingga dalam hal ini, hubungan antara mahasiswa dengan  pengabdian masyarakat sangat erat, karena mahasiswa sebagai pemuda yang paling  berperan bagi masa depan bangsa.

Untuk membeli buku ini, silahkan klik tombol berikut:

Visits:31
Today: 1
Total: 24619

Leave a Comment