Bank Sehat: Membangun kesehatan dan kesejahteraan Masyarakat Indonesia.

Anda seorang penikmat rokok?

Anda merokok dalam satu hari berapa bungkus? Harganya berapa?

Biasanya saya merokok minimal 1 bungkus sehari… Isinya 12 batang. Harga 12 ribuan…

Sadar atau pura-pura tidak sadar, anda sangat rugi loh… Dan juga merugikan orang lain. Rugi dalam kesehatan dan rugi dalam ekonomi.

Loh kok bisa?

Bayangkan seberapa banyak racun yang masuk ke dalam tubuh anda, masuk dalam tubuh orang-orang yang anda cintai disekitar anda, dan mencemari udara yang dihirup oleh kehidupan di dunia? Itu kerugian dalam segi kesehatan.

Lalu kerugian bidang ekonomi anda seperti ini:

Dalam satu hari 1 bungkus rokok yang anda konsumsi. Sama dengan 12 batang seharga 12 ribu rupiah. Hitung dalam satu bulan anda membeli racun untuk kehidupan anda yang sangat berharga dan orang-orang terkasih disekitar anda dengan sangat sadar sebanyak 360 ribu. Dalam setahun anda rugi 4.320.000. Silahkan hitung sendiri dalam 10 tahun… Cukup tidak untuk membayar kesehatan anda, orang-orang terkasih anda dan lingkungan sekitar?

Gimana tuh? Maksudnya saya harus berhenti merokok?

Begini saja… Berani tidak kalau setiap harinya anda kurangi konsumsi rokok. Yang pada awalnya 12 batang sehari, anda kurangi 2 batang setiap harinya.  Dua batang setiap harinya sama dengan 2.000 rupiah setiap harinya. Anda sisishin deh, kemudian anda kumpulkan selama 30 hari menjadi 60 ribu. Dari 60 ribu itu, setiap bulannya anda kirim ke Bank Sehat yang dikelola oleh Yayasan Masyarakat Indonesia Sehat. Akan diakumulasikan dengan peserta yang lain. Setelah itu, setiap bulannya uang tersebut untuk membeli kambing. Yang menarik, kambing itu di ternak oleh peternak-peternak yang tidak merokok dan atau sedang berusaha untuk tidak merokok. Lalu sistemnya memakai sistem maroni (Indonesia: dibagi dua). Yang artinya, keuntungannya nanti dibagi dua. Modal dikembalikan semuanya ke anda. Setelah itu keuntungannya dibagi menjadi dua, antara anda dan peternak. Bukankah menarik? Anda sehat, orang-orang terkasih anda yang disekitar anda sehat, lingkungan bersih dan sehat, punya tabungan dan dapat bunga halal berupa keuntungan usaha, dan ternyata anda juga sudah membantu peternak berupa modal dan dukungan agar tetap istiqomah tidak merokok. “Sungguh mulia anda.”

Eits… Selain itu Bank Sehat juga akan melakukan monitoring keberhasilan anda menurunkan konsumsi rokok, memberikan promosi-promosi kesehatan oleh dokter gigi, dokter dan juga apoteker serta tenaga kesehatan lainnya langsung ke anda atau HP anda. Bank Sehat dibawah Yayasan Masyarakat Indonesia Sehat bertanggung jawab atas dana anda dan pengelolaan ternak yang baik. Bagaimana Tertarik?

Saya yang bukan perokok bagaimana?

Tenang saja, anda juga bisa ikut bergabung bersama bank sehat. Mekanismenya sama seperti di atas.

Kalau mau lebih dari 60 ribu satu bulan gimana? Atau setiap hari dikirim dananya gimana?

Boleh sekali, mau 100 ribu setiap bulan, 500 ribu setiap bulan atau langsung nitip kambing setiap bulan ya boleh sekali…. Mau setiap hari juga boleh dengan dana sesuai keinginan anda. Jadi bahkan boleh kurang dari 60 ribu…

Bagaimana? Tertarik?

Mari bergabung menjadi bagian dari kita semua yang ingin menciptakan masyarakat Indonesia yang merdeka dan sehat.

Bersama-sama kita untung,

Bersama-sama kita sejahtera,

Bersama-sama kita sehat.

Visits:71
Today: 1
Total: 66278