Nama Penulis : Ria Fidiyanti, S.Pd.

Judul Buku : Literasi Religius Penguatan Karakter Pelajar

Edisi : 1

Cetakan : Pertama

Kota Terbit : Banyumas

Penerbit dan Tahun Terbit : Yayasan Masyarakat Indonesia Sehat, 2023

SINOPSIS
Dalam buku ini, kita diajak untuk menjelajahi dunia literasi religius sebagai fondasi utama dalam membentuk karakter pelajar. Buku yang berjudul “Literasi Religius Penguatan Karakter Pelajar” ini memberikan panduan komprehensif bagi pendidik, orang tua, dan siapa pun yang tertarik pada pengembangan karakter melalui pemahaman mendalam terhadap ajaran agama.

Panduan dimulai dengan membahas pentingnya literasi religius dalam konteks pendidikan modern yang semakin kompleks. Dari pemahaman mendalam terhadap nilai-nilai agama hingga integrasi konsep-konsep keagamaan dalam kehidupan sehari-hari, pembaca dibimbing melalui langkah-langkah praktis untuk membentuk karakter pelajar yang kokoh.

Salah satu aspek utama yang disoroti dalam buku ini adalah pengembangan kurikulum literasi religius. Buku menyajikan pendekatan yang inovatif untuk mengintegrasikan nilai-nilai agama dalam mata pelajaran yang ada, menciptakan materi pembelajaran yang relevan, dan memberikan pelatihan kepada guru untuk mengajar literasi religius secara efektif.
Buku ini juga mengeksplorasi implementasi program literasi religius di kelas, menekankan metode pengajaran kreatif, pelibatan orang tua, dan penyelenggaraan kegiatan ekstrakurikuler yang berkaitan dengan literasi agama. Pembaca akan mendapatkan wawasan tentang bagaimana menerapkan konsep-konsep keagamaan dalam seni, musik, dan teater untuk memperkaya pengalaman pembelajaran.

Selain itu, buku ini menyoroti evaluasi dan pemantauan progres, kolaborasi dengan komunitas agama, serta penyebaran hasil karya siswa melalui pameran dan kegiatan penyuluhan kepada masyarakat. Buku ini bukan hanya memberikan panduan praktis, tetapi juga merangsang refleksi mendalam tentang bagaimana literasi religius dapat menjadi alat penting dalam membentuk karakter pelajar untuk masa depan yang lebih baik.
Dengan ringkas dan informatif, “Literasi Religius Penguatan Karakter Pelajar” adalah sumber daya yang esensial bagi siapa pun yang berkomitmen untuk membentuk generasi muda yang memiliki landasan moral dan etika yang kokoh melalui pemahaman nilai-nilai agama.

Untuk membeli buku ini, silahkan klik tombol berikut:

Visits:643
Today: 1
Total: 24610

Leave a Comment